Tanpa Pemimpin Sejati, Investasi Raksasa AC Milan Akan Percuma

By Admin


nusakini.com - Marcel Desailly mengaku senang melihat AC Milan berbenah di musim panas ini dengan mendatangkan sejumlah pemain top dengan harga yang tidak murah. Namun, Desailly mewanti-wanti bahwa investasi raksasa tersebut bakal sia-sia jika Milan tidak punya sosok pemimpin sejati di lapangan.

Sebanyak sepuluh pemain baru -- di antaranya Leonardo Bonucci, Andre Silva, dan Franck Kessie -- telah diboyong Milan di bursa transfer musim panas ini lewat biaya yang berpotensi menyentuh €200 juta. Konsorsium Tiongkok sebagai pemodal tentu berharap pembelian jor-joran ini bisa mengembalikan kejayaan Rossoneri.

Sebagai mantan bek Milan di masa keemasan klub pada medio 1990-an, Desailly memperingatkan eks klubnya bahwa membangun kesuksesan membutuhkan banyak aspek, tidak cukup hanya berbelanja pemain.

“Mereka telah membeli banyak pemain, tetapi itu belum cukup untuk [membangun tim sukses dalam] dua musim ke depan. Untuk membuat sebuah fondasi klub, Anda membutuhkan seorang pemimpin. Dibutuhkan banyak elemen untuk bisa membawa Milan kembali ke level seperti tahun 90-an,” kata Desailly kepada Mihaaru News.

“Tapi saya kembali berbahagia. Uang seharusnya tidak membuat Anda takut. Yang ditakutkan adalah saat eks presiden klub [Silvio] Berlusconi telah menyerah. Jadi, saya berharap klub ini bisa terus aktif dan sekarang kita telah melihat hal itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Desailly juga memaparkan pendapatnya soal dinamika sepakbola masa kini yang berbeda dengan sepakbola saat ia masih bermain. Menurutnya, perbedaan paling kentara terletak pada kemampuan teknik dan fisik dari para pemain.

“Saat masih bermain, saya merupakan pesepakbola kelas berat yang mengandalkan fisik, namun kini tidak ada pemain yang seperti saya karena mereka lebih mengandalkan kemampuan teknik. Kini ada pemain seperti N’Golo Kante, [Blaise] Matuidi, [Paul] Pogba yang punya skill tinggi. Jadi kemampuan teknik sepakbola telah meningkat pesat,” jelas eks bek timnas Prancis ini. (fft/om)